Dapatkan Beasiswa Riset Sains Ini!

JAKARTA – Pemerintah Indonesia sedang gencar mendorong para peneliti di Indonesia untuk semakin meningkatkan penelitian mereka. Bahkan, banyak donor memberikan dana penelitian maupun beasiswa riset yang bisa dimanfaatkan civitas akademika di Tanah Air.

Salah satunya, program TWAS Research Grants Programme in Basic Sciences. Melalui program ini, peneliti akan mendapatkan dana riset baik yang diusulkan secara perorangan, kelompok, konsorsium maupun riset bersama. Dana tersebut disediakan oleh The World Academy of Sciences (TWAS) dengan besaran bervariasi dari USD15 ribu atau sekira Rp196 juta untuk kelompok sampai USD30 ribu atau sekira Rp392 juta.

Beasiswa ini ditujukan bagi peneliti-peneliti di negara berkembang, terutama bagi peneliti perorangan. Para peneliti nantinya bisa mengajukan berbagai proyek penelitian mereka di beberapa bidang seperti Biologi, Kimia, Matematika dan Fisika.

Dana hibah tersebut bisa digunakan peneliti untuk membeli berbagai peralatan ilmiah, bahan habis pakai, sampai buku pelajaran. Namun beasiswa riset TWAS ini tidak termasuk gaji peneliti serta biaya lapangan dan biaya perjalanan.

Peneliti yang ingin mendapatkan beasiswa ini harus memenuhi beberapa syarat antara lain memiliki gelar PhD, memiliki posisi di perguruan tinggi serta berasal dari negara berkembang. Para peneliti yang dulu pernah mendaftar juga diperkenankan untuk kembali mengajukan diri.

Pendaftaran akan ditutup pada 31 Mei 2016. Informasi selengkapnya bisa dicek di website  TWAS.

(rfa)

Sumber: news.okezone.com/read/2016/03/11/65/1333631/dapatkan-beasiswa-riset-sains-ini

Leave a Reply

*

sixteen + ten =

captcha *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.